Rancang Poster Kampanye Sosial Awasi Pilkada, DKV ISI Surakarta Kolaborasi dengan Bawaslu Kota Surakarta

Print Friendly and PDF

Bawaslu Kota Surakarta memberi bekal mahasiswa semester III yang nantinya akan merancang desain poster sebagai media kampanye sosial.


Rancang Poster Kampanye Sosial Awasi Pilkada, DKV ISI Surakarta Kolaborasi dengan Bawaslu Kota Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Diawali dengan kegiatan kuliah umum dalam MK Creative Thinking, Prodi DKV FSRD ISI Surakarta berkolaborasi dengan Bawaslu Kota Surakarta merancang kampanye sosial sebagai bagian peran masyarakat untuk mengawasi penyelenggaraan Pilkada di Kota Surakarta tahun ini.

Aksi sosial ini juga dirancang sebagai bagian rangkaian peringatan dies natalies 13 tahun DKV FSRD ISI Surakarta pada tahun ini yang menghadirkan Agus Sulistyo selaku Kordiv Pencegahan, Permasalahan, dan Humas Bawaslu Kota Surakarta sebagai pemateri dalam perkuliahan yang bertempat di Lab Studio Produksi, Laboratorium Terpadu Multimatra SBSN ISI Surakarta di Kampus Mojosongo pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Materi yang bertajuk Teknologi Informasi, Hoaks, dan Demokrasi Elektoral 2024 yang dipaparkan Bawaslu Kota Surakarta ini memberi bekal mahasiswa semester III yang nantinya akan merancang desain poster sebagai media kampanye sosial.

Menurut Agus Sulistyo, kolaborasi dengan kampus khususnya mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ini sangat bermanfaat sebagai upaya mendekatkan sekaligus edukasi kepada pemilih pemula dan generasi muda untuk lebih peduli dalam mengawasi proses pilkada agar transparan, demokratis, dan adil.

Selain itu juga mewadahi kreativitas dan ekspresi anak muda melalui aktifitas seni rupa dan desain, khususnya media poster kampanye sosial sebagai wahana edukasi ke masyarakat luas terutama saat digelar di kawasan Cer Free Day Slamet Riyadi, Solo yang direncanakan digelar pada Minggu, 3 Nopember 2024.

Selanjutnya dari kegiatan kuliah umum MK Creative Thinking yang diampu oleh M. Harun Rosyid Ridlo, M.Sn., Isnawati Muslihah, S.Kom., M.Cs., dan Basnendar Herry Prilosadoso, M.Ds., mahasiswa selanjutnya akan memahami brief, melakukan riset dan tahapan eksekusi sampai menjadi desain poster yang siap pajang.

M. Harun Rosyid Ridlo sebagai moderator menjelaskan kuliah umum ini juga diharapkan untuk memberi pengalaman dan wawasan kepada mahasiswa selain memahami materi, brief, sampai tahap eksekusi desain poster sebagai media kampanye nantinya. "Selain itu, kegiatan ini juga rintisan awal dalam bekerjasama antara DKV ISI Surakarta dengan Bawaslu Kota Surakarta," ujarnya. (Sofyan)

Baca juga: Merangkai Sejarah Rempah Nusantara Lewat Kolaborasi Pangan dan Seni Rupa 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top