SD Muhammadiyah 1 Solo Sudah Menerapkan Makan Siang Sehat Selama 9 Tahun

Print Friendly and PDF

Siswa SD Muhammadiyah 1 Solo saat mengambil makan siang yang sudah disediakan oleh sekolah.


SD Muhammadiyah 1 Solo Sudah Menerapkan Makan Siang Sehat Selama 9 Tahun

Solo- majalahlarise.com -SD Muhammadiyah 1 Solo yang dibina Majelis Pendidikan Muhammadiyah Kota Surakarta di Kecamatan Banjarsari Jalan Kartini No 1 Ketelan Barat Pura Mangkunegaran, mengaku telah menerapkan program makan siang sehat selama 9 tahun terakhir.

"Kami telah terbiasa menerapkan program makan siang sehat selama 9 tahun ini, hasilnya juga sangat luar biasa. Program kantin dan dapur sehat mendapatkan pengakuan dari Kementerian Kesehatan dan meraih juara 1 dan 2 tingkat nasional," kata Kepala Sekolah Penggerak, Sri Sayekti, Jumat (11/10/2024).

Sayekti mengatakan kantin dan dapur sehat dilengkapi standar operasional prosedur (SOP) pengelolaan dan kelembagaan kantin dan dapur sehat selalu terupdate. Di antaranya tata kelola keuangan, pemilihan menu makanan dan minuman yang dijual, termasuk sistem pengawasan dan evaluasi standar kantin dan dapur sehat.

"Alhamdulilah, terima kasih untuk nomor identifikasi berusaha (NIB) berbasis risiko telah terbit, semoga bermanfaat untuk kelangsungan kantin SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Saat ini berjuang melengkapi pengurusan proses sertifikat halal bagi dapur sehat," kata dia.

Ada 24 menu yang disediakan untuk bulan Oktiber 2024. Menu 1 Oktober 2024 hari Selasa ada nasi, gudangan, telur asin teri. Nasi, rica ayam, krupuk lehi, nasi capcay kuah, tahu goreng, sambal, nasi, bakso, pangsit dan sambal.

Pada hari senin 7 Oktober hingga 11 Oktober 2024 tersaji makanan siang mula dari menu nasi, sop makaroni, galantin, sambal dan buah. Nasi goreng, telur dadar dan krupuk lehi. Nasi, timlo, telur coklat, dan sambal. Nasi, paklay, telur balado serta nasi tumis kacang Panjang, tempe, ayam goreng.

Menu makan siang pada senin 14 oktober sampai 31 Oktober 2021 adalah nasi, sop ayam kampung, tempe, sambal dan buah. Nasi, sambal goreng krecek, telor ceplok. Nasi sayur asem, ayam goreng, sambal. Nasi, bobor ayam, bandeng presto, sambal. Nasi, ayam lada hitam, krupuk udang.

Lalu, Nasi, bola-bola bestik, krupuk solo dan buah. Nasi, ca sawi, ayam tepung, sambal. Nasi, tahu Terik, telur, krupuk udang. Nasi, kare, tahu goreng, sambal. Nasi, gado-gado, telur, krupuk lehi. Nasi, sayur bayam, ayam goreng, sambal, dan buah. Nasi, soto daging, tempe mendoan, sambal. Nasi, ayam kecap, lalapan, sambal, nasi, kakap asam manis, krupuk lehi dan tanggal 11 Oktober 2024 ada taman gizi dengan menu spagethi.

"Kami memberikan layanan sebanyak 24 menu pada bulan Oktober ini harapannya mempunyai manfaat yang sangat besar untuk membentuk karakter anak-anak seperti habittuasi karakter disiplin antri ambil makanan, kemandirian mencuci piring, bertanggungjawab, sampai kebersamaan antar sesama di lingkungan sekolah," tambahnya. (Sofyan)

Baca juga: Murid SD Muhammadiyah PK Solo Ikut Semangati Atlet Panahan Peparnas


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top