SMA Muhammadiyah 2 Manyaran Gelar Workshop Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk PPT Pembelajaran

Print Friendly and PDF

Narasumber Sofyan Yuli Antonius, S.Sos saat foto bersama Kepala Sekolah dan Guru SMA Muhammadiyah 2 Manyaran usai kegiatan Workshop.


SMA Muhammadiyah 2 Manyaran Gelar Workshop Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk PPT Pembelajaran

Wonogiri- majalahlarise.com -SMA Muhammadiyah 2 Manyaran menyelenggarakan workshop bertajuk "Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk Pembuatan PPT Pembelajaran Bagi Guru". Kegiatan berlangsung pada Jumat (11/10/2024) ini menghadirkan Sofyan Yuli Antonius, S.Sos, seorang praktisi media online, sebagai narasumber. Workshop yang dilaksanakan di ruang laboratorium sekolah ini diikuti oleh seluruh guru dengan tujuan memperkenalkan teknologi AI dalam mendukung proses pembelajaran.

Kepala SMA Muhammadiyah 2 Manyaran, Wening Hidayati, S.Pd, dalam sambutannya menekankan pentingnya kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para guru dalam memanfaatkan AI sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Ia berharap, melalui teknologi ini, proses pembelajaran di kelas bisa menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa.

“Semoga ini bisa menjadi bekal bagi bapak dan ibu guru dalam menjalankan tanggung jawab harian, serta memotivasi anak-anak agar lebih bersemangat dalam belajar,” ujarnya.

Wening juga menyoroti anak-anak saat ini memiliki pemikiran yang kritis, namun seringkali kurang memiliki daya tahan mental dan fisik. Oleh karena itu, peran guru dalam memberikan dorongan dan motivasi sangat penting. Salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, seperti AI, untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menarik.

"Workshop ini diharapkan menjadi langkah awal bagi para guru dalam memanfaatkan teknologi modern untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan inovatif," ungkapnya.

Dalam pemaparannya, Sofyan Yuli Antonius menjelaskan beberapa aplikasi AI yang dapat memudahkan guru dalam membuat presentasi PowerPoint (PPT) untuk pembelajaran. Menurutnya, AI tidak hanya mempermudah pembuatan materi, tetapi juga membantu menciptakan ide-ide kreatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran.

“Siswa juga bisa diajarkan untuk membuat PPT sebagai bagian dari materi yang dipresentasikan di depan kelas. Hal ini akan membantu mereka mengasah keterampilan berbicara di depan umum dan menumbuhkan keberanian. Selain itu, suasana kelas juga menjadi lebih interaktif dan menyenangkan berkat pemanfaatan AI,” jelasnya. (Yuan)

Baca juga: SD Muhammadiyah 1 Solo Sudah Menerapkan Makan Siang Sehat Selama 9 Tahun



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top