Tingkatkan Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) ke-8, LPPMP UNS Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Program Studi, dan Ketua UPM untuk Buka Kelas Internasional dan Kolaborasi Internasional Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT)

Print Friendly and PDF

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS selenggarakan kegiatan bertajuk “Evaluasi Hasil Akreditasi Internasional” (foto: Dokumen Pribadi LPPMP UNS).


Tingkatkan Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) ke-8, LPPMP UNS Wakil Dekan Bidang Akademik, Ketua Program Studi, dan Ketua UPM untuk Buka Kelas Internasional dan Kolaborasi Internasional Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT)

Solo- majalahlarise.com -Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS selenggarakan kegiatan bertajuk “Evaluasi Hasil Akreditasi Internasional” pada tanggal 21 Oktober 2024 di Aula lantai 2 UNS Inn Surakarta. Kegiatan tersebut menghadirkan 4 narasumber: (1) Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si, M.Si. sekaligus sebagai Wakil rektor Bidang Akademik dan Penelitian, (2) Prof. Irwan Trinugroho, S.E., M.Sc., Ph.D. sekaligus sebagai Wakil rektor bidang kerja sama, internasionalisasi, dan informasi, (3) Prof. Dr. Sarwanto, M.Si, sekaligus sebagai Kepala LPPMP UNS dan (4) Prof. Dr. Muhammad Rohmadi, S.S.,M.Hum. sekaligus sebagai Kepala Unit Akreditasi Nasional dan Internasional yang dimoderatori oleh Zukruf, Ph.D. sekaligus kasi SPME Internasional LPPMP UNS. Kegiatan tersebut mengundang wakil dekan akademik dan penelitian, ketua program studi, ketua unit penjaminan mutu (UPM) Fakultas dan Sekolah Vokasi di lingkungan UNS. Selain itu juga melibatkan semua tendik yang mendukung kegiatan akreditasi nasional dan internasional di lingkungan LPPMP UNS.

Kegiatan evaluasi akreditasi internasional dan tindak lanjutnya ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi semua proses perencanaan, penyiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut kegiatan akreditasi internasional yang sudah dicapai berjumlah 37 program studi., (2) melakukan diskusi dan berbagi pengalaman antar Wakil Dekan bidang akademik dan penelitian, ketua program studi, ketua UPM, Korbid SPME, dan Tendik yang telah terlibat proses akreditasi internasional, (3) menindaklanjuti semua kekurangan yang telah dilakukan selama proses dan hasil akreditasi internasional tahun 2024, dan (4) merencanakan kegiatan untuk meningkatkan peringkat akreditasi internasional dengan berbagai kegiatan kolaborasi internasional., dan (5) menggerakkan semua Wakil Dekan bidang akademik dan penelitian dan kaprodi pada 16 fakultas di lingkungan UNS untuk membuka kelas internasional secara bertahap, dan kolaborasi internasional bidang Tri Dharma PT secara kolaboratif antar program studi dan fakultas serumpun.

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut ketercapaian program studi yang telah mencapai peringkat akreditasi internasional sejumlah 37 program studi, terakreditasi unggul 81 program studi, dan terakreditasi A sejumlah 49 prodi yang mendapatkan sertifikat penghargaan pada kegiatan tersebut dan sebagain minggu lalu, tanggal 17 Oktober 2024. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan pencapian Indikator Kinerj Utama (IKU) ke-8 terkait dengan program studi yang telah terakreditasi internasional. Keberadaan program studi yang terus melakukan upaya peningkatan mutu dan akreditasi di tingkat internasional sangat diapresiasi oleh keempat narasumber, Irwan selaku penanggung jawab bidang internasionalisasi, Fitria selaku penanggung jawab bidang akademik, Sarwanto, selaku penanggung jawab bidang pengembangan dan penjaminan mutu pendiidkan, dan M. Rohmadi selaku penanggung jawab akreditasi nasional dan internasional. Semua aktivitas diskusi dan tanya jawab dalam kegiatan ini sebagai wujud implementasi tujuan layanan dan tupoksi LPPMP untuk memantik semangat supertim wakil dekan bidang akademik, ketua upm, dan supertim akreditasi LPPMP UNS terus berusaha meuwjudkan target naik kelas dunia internasional bersama LPPMP UNS: Unggul dan Bersinergi.

Keberadaan LPPMP UNS untuk terus mendukung program kerja Wakil Rektor I, Bidang Akademik dan Penelitian, serta mendukung program kerja Wakil Rektor IV, Bidang Kerja Sama, Internasionalisasi, dan Informasi terus disinergikan dengan berbagai unsur kelembagan yang ada di UNS. Hal ini penting untuk terus dilanjutkan agar supertim kelembagaan di UNS dapat mendukung mewujudkan visi Bapak Rektor UNS menuju peringkat 801-1000 dunia. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama supertim yang solid, kerja cepat, kerja tepat, kerja cerdas, dan kerja ikhlas. Insyaallah dapat terwujud semua target yang dicanangkan bersama supertim keluarga besar UNS tercinta. 

Giat yang dimotori Unit Akreditasi Nasional dan Internasional ini, diawali dengan penyerahan Piagam penghargaan kepada Kaprodi dan Supertim Dosen Program Studi atas prestasinya mengantarkan prodinya meraih peringkat akreditasi Internasional, A, dan UNGGUL. Upaya unit akreditasi nasional dan internasional LPPMP UNS sebagai mitigasi menjaga mutu Pendidikan dan program peningkatan dengan cara penguatan data-data pada pemutu.kemdikbud.go.id, pddikti.kemdikbud.go.id, dan semua kelengkapan unsur yang tercakup dalam 9 kriteria instrumen akreditasi BAN PT dan LAM harus terus dilakukan secara bertahap dengan berbasis sistem teknologi informasi dalam rangka menyongsong Permen No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. 

Dalam sesi penutupan, Muhammad Rohmadi, menyampaikan harapannya kepada semua peserta, “Semoga LPPMP UNS terus dapat mengawal dan menjadi mitra Wakil Dekan bidang Akademik dan Penelitian serta Ketua program studi untuk menindaklanjuti program kerja kolaborasi internasional dan nasional secara bertahap dan berkelanjutan bagi Program studi yang telah mencapai peringkat internasional, unggul, dan A. Bersama supertim LPPMP UNS yang UNGGUL & BERSINERGI pasti BISA terwujud. (Sofyan)

Baca juga: PAUD KB Raudhatul Ilmi Kenalkan Teknologi Informasi Lewat Pembelajaran Film Kartun


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top