Unisri Gelar FGD Kolaborasi dan Sinergi Pusat Studi dengan Pemerintah Daerah

Print Friendly and PDF

Wakil Rektor Bidang Akademik, Ir. Saiful Bahri, M.Kom dalam sambutannya sekaligus membuka acara FGD.

Unisri Gelar FGD Kolaborasi dan Sinergi Pusat Studi dengan Pemerintah Daerah

Solo- majalahlarise.com -Pembangunan nasional yang cukup dinamis memunculkan isu-isu yang semakin kompleks dan bersifat lintas sektoral. Permasalahan tersebut membutuhkan pendekatan holistik dan interdisipliner diantara berbagai pihak. Kondisi ini menjadi peluang bagi Pusat-pusat studi yang ada dalam lingkungan Unisri  khususnya Pusat Studi Wanita, Pusat Studi Hukum dan HAM, Pusat Studi Pemberdayaan Masyarakat, dan Pusat Studi Lingkungan, Pengembangan Wilayah, dan Kependudukan untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan instansi pemerintah daerah guna mencari Solusi Bersama. untuk itu Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar Forum Group Disscusion (FGD) yang diikuti oleh 123 peserta yang terdiri dari 98 dari Dinas, dan 25 dari Unisri,  bertempat di Solo Paragon Hotel.

Menurut ketua pelaksana, Dorotea Ririn, SE., M.Si. menjelaskan FGD ini mengambil tema "Kolaborasi dan Sinergi Pusat Studi Universitas Slamet Riyadi dengan Pemerintah Daerah" dengan menghadirkan dua narasumber yakni Dr.Joko Mulyono, S STP (Brida Jateng) dan Ir. Saiful Bahri , M.Kom (Unisri).

Tujuan FGD ini untuk mengidentifikasi isu-isu utama yang dihadapi oleh Dinas Ketahanan Pangan, Brida/ Bapperida, Koperasi, DP3APPKB/ PPKBP3A. Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Kesehatan, serta membangun sinergi antara pusat studi dan dinas terkait serta menghasilkan rekomendasi kebijakan yang dapat diimplementasikan oleh pemerintah daerah. 

"Kami berharap kegiatan FGD bisa mencapai tujuannya dalam membangun komunikasi dan kolaborasi antara pusat studi dan dinas terkait yang ditindaklanjuti melalui perjanjian kerja sama, Adapun Dinas terkait antara lain Dinas Ketahanan Pangan, Brida/Bapperida, Koperasi dan UMKM, Dinas Perlindungan Perempuan Anak dan KB, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Kesehatan. Ini merupakam luaran dari perjanjian kerja sama yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Acara di buka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Ir. Saiful Bahri, M.Kom dalam sambutannya menyampaikan Unisri memiliki visi menjadi universitas yang unggul ditingkat Asia Tenggara berlandaskan nilai nilai pancasila dan Slamet Riyadi, Visi kami ada 4 yang pertama adalah pendidikan yg berbasis luaran, riset berbasis luaran, membangun jiwa jiwa kewirausahaan, dan membangun jejaring kolaborasi dan kemitraan. 

"Kami dari universitas ingin mengajak pemerintah daerah untuk bersama sama  membangun sumber daya manusia yang ada di Soloraya khususnya sehingga pembangunan sumber daya manusia ini dapat terwujud. Kami berharap kegiatan ini dapat menghasilkan luaran luaran yang bisa kita tindak lanjuti bersama antara akademisi yang ada di Unisri bersama pemerintah daerah," pungkasnya. (Sofyan)

Baca juga: Melalui Media Pop Up Sebagai Tugas Harian DKV ISI Surakarta Pamerkan Beragam Sejarah Tipografi


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top