Yoppy Syahrial Beri Tips Sukses untuk UMKM Pemula

Print Friendly and PDF

Yoppy Syahrial saat melayani para pelanggan.


Yoppy Syahrial Beri Tips Sukses untuk UMKM Pemula

Sukoharjo- majalahlarise.com -Yoppy Syahrial, seorang praktisi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sekaligus Dosen Fakultas Ekonomi di Univet Bantara Sukoharjo, memberikan pandangannya tentang pengembangan UMKM di wilayah Soloraya, khususnya bagi para pemula atau perintis usaha.

Dalam wawancara dengan majalahlarise.com belum lama ini, Yoppy mengungkapkan rasa optimisnya terhadap kemajuan UMKM di daerah ini. "Hasil penelitian dan pengamatan kami menunjukkan peningkatan minat dari pelaku UMKM untuk belajar dan mengembangkan diri. Mereka mulai membuat konten di TikTok dan sosial media, serta mulai mempelajari teknologi. Ini pertanda baik, karena untuk bertahan dan berkembang, UMKM memang harus terus meng-upscale kemampuan dan pengetahuannya," tuturnya.

Menurut Yoppy, hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah tujuan yang jelas. "Ketika memulai usaha, yang paling penting adalah menentukan tujuan. Ibarat kita mau keluar rumah, kita harus tahu mau ke mana. Tanpa tujuan yang jelas, kita akan boros dan tidak efisien dalam penggunaan biaya. Jika tujuannya jelas, kita bisa memilih jalan terbaik untuk mencapainya," jelasnya.

Selain tujuan, Yoppy menekankan pentingnya keberanian mental dalam menghadapi tantangan, terutama dari orang-orang terdekat. "Tantangan terbesar justru datang dari dalam, seperti keraguan yang ditunjukkan oleh orang terdekat seperti pasangan atau keluarga. Ini lebih menyakitkan daripada ditolak oleh konsumen. Oleh karena itu, pengusaha harus memiliki mental yang kuat dan keberanian untuk terus melangkah," katanya.

Ia juga menyarankan para pengusaha untuk bergabung dengan komunitas yang sefrekuensi. "Jika kita berada di lingkungan yang tidak mendukung, misalnya pengusaha laundry yang dikelilingi oleh pegawai negeri, kita bisa kehilangan semangat. Sebaliknya, berkumpul dengan sesama pengusaha akan menjaga semangat dan momentum," tambahnya.

Yoppy pun menekankan pentingnya penguasaan teknologi. "Setiap pengusaha harus memanfaatkan teknologi, terutama gawai yang selalu dibawa ke mana-mana, untuk hal-hal produktif seperti membuat konten menarik, bukan hanya selfie. Selain itu, kita juga harus benar-benar menguasai produk atau jasa yang kita jual," ujarnya.

Di akhir pembicaraan, Yoppy memberikan pesan penting mengenai kejujuran dalam berbisnis. "Konsumen sekarang tidak bodoh. Mereka bisa menilai jika kita hanya bicara manis-manis saja tentang produk kita. Jujur tentang kelemahan dan kelebihan produk adalah nilai tinggi yang sekarang ini paling banyak dicari oleh konsumen," tutupnya. (Sofyan)

Baca juga: SMP Negeri 1 Eromoko Selenggarakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS melalui P5 Tema Suara Demokrasi


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top